Event Report : Clapham Startupfest 2017 (Day 2)

Hari terakhir perhelatan Clapham Startupfest 2017 pada tanggal 18 Februari berlangsung dengan lebih meriah lagi karena ternyata tidak sedikit startup enthusiasts yang memilih melewatkan akhir minggunya dengan memperluas wawasan tentang dunia startup.

Acara dibuka kembali pada pukul 10 pagi dengan kata sambutan dari Cindy Lailani (Community & Space Manager Clapham Collective) yang menjelaskan format acara kepada hadirin di auditorium. Tak lama, Natali Ardianto (co-founder Tiket.com) selaku pembicara pertama pun tampil menyapa para hadirin dengan keynote speech mengenai Entrepreneurship Mindset yang membahas tentang pentingnya pemahaman produk dan pasar serta kesadaran seorang inovator dalam memecahkan masalah yang dihadapi setiap customer.

Berbarengan dengan sesi di atas, kelas Workshop dibuka dengan kehadiran Jourdan Kamal (Maubelajarapa) yang mengajarkan tips dan trik dalam mengelola akun media sosial secara efektif, seperti cara meningkatkan jumlah followers di Instagram. Topik tentang media sosial yang menarik ini pun sukses mengumpulkan partisipan sebanyak ±55 orang.

Sementara itu, panggung utama kembali berfungsi sebagai pitch floor yang menguji performa dari para tim pendiri start-up. Academy menjadi yang pertama maju memperkenalkan konsep startup one stop learning centre yang memudahkan pelajar untuk belajar dengan jadwal fleksibel berbasis antusiasme, kemudian ada Madu Efi yang menceritakan terobosannya dalam bisnis produksi madu murni dan peternakan lebah di Sumatera Utara.

Clapham Startupfest 2017 di hari terakhir tetap membuka kesempatan konsultasi antar penggiat startup dan calon investor di sesi Investor Speed Dating, kali ini bersama ANGIN, Medan Tech Valley, Coffee VC, dan Denali Capital.

Selanjutnya, Joshua Kevin (Talenta) tampil di atas pentas memberikan keynote speech yang mengedukasi penonton tentang metode Software as a Service (SaaS). Contoh dari SaaS kemudian dijelaskan dengan lebih detail lagi melalui keynote speech dari Adam Pahlevi yang memperkenalkan Midtrans sebagai platform SaaS yang menjembatani pembayaran antara konsumen dengan pelaku usaha.

Selesai keynote speech, sang moderator untuk sesi Media Panel – Nuniek Tirta dari komunitas #StartupLokal –  pun mewakili para hadirin untuk bertanya kepada William Utomo (IDN Media times.com) dan Darwis Taniwan (Aplaus Magazine) seputar pengalaman berbisnis serta strategi media cetak dan elektronik yang mereka kelola dalam memenangkan atensi publik.  

Ruang auditorium kembali dipenuhi penonton usai jeda makan siang begitu Exsho (startup pembuat aplikasi express shopping) serta SAB College (School of Accounting & International Business) bersiap untuk terjun ke arena pitch floor yang disediakan.  

Kelas Workshop juga masih dilanjutkan dengan dipandu oleh Nuniek Tirta yang membahas tentang peran dan pengaruh social media influencer terhadap perkembangan sebuah startup.

Sementara itu, melalui keynote speech bertema Company Building: The Rise of Millenials, William Utomo kembali lagi ke panggung untuk membagikan kisahnya dalam mendirikan IDN Media times dari dasar hingga menjadi salah satu perusahaan media bagi generasi Milenial kawula muda yang naik daun hanya dalam kurun waktu 2 tahun.

Sesi Founders Panel yang selanjutnya diadakan membuat acara Clapham Startupfest 2017 mencapai klimaksnya lagi karena perbincangan menarik dengan 3 orang startup founder, yaitu Anwar Yunus (Dealmedan & Dealjava), Jourdan Kamal (MauBelajarApa.com), dan Joshua Kevin (Talenta.co). Melalui sharing session yang dimoderator oleh Darwis Taniwan ini, peserta memperoleh banyak informasi tentang pengalaman dan pandangan mereka dalam mengelola sebuah startup.

Menjelang penghujung acara, ada Dolan (platform bagi wisatawan yang mencari authentic experience dengan menghubungkan mereka dengan penduduk lokal yang menyediakan rumah sebagai tempat penginapan), Uncle Kick (digital media startup), serta Trimitrasis (startup penyedia IT solution asal Jakarta) yang menghentak pitch floor dengan presentasi tentang konsep startup masing-masing.

Setelah menggelar seabrek kegiatan inspiratif dan interaktif selama 2 hari, akhirnya acara Clapham Startupfest 2017 pun berakhir dengan pidato penutupan dari Christopher Angkasa yang memastikan bahwa Clapham Collective akan mendatangkan materi dan pembicara yang lebih berbobot lagi di tahun depan.

TEXT Elvy Tan

Categories: Uncategorized

Post Your Thoughts

Close

Book a Tour

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.