Satellite Events of Ubud Writers & Readers Festival 2017

Sejak dimulai pada tahun 2004 sebagai respon atas peristiwa pengeboman Bali, UWRF telah menjelma menjadi ajang berkumpulnya para penulis dan pecinta seni di Indonesia serta dunia. Tahun ini, UWRF yang berusia 12 tahun mengusung sebuah peribahasa Sanskerta sebagai tema utamanya, yakni Tat Tvam Asi, yang berarti  “I am you, you are me”.

Selama 5 hari (26-30/10), lebih dari 170 pembicara seperti Seno Gumira Adjidarma, Djenar Maesa Ayu, Hanya Yanagihara, dan Suki Kim, didatangkan langsung untuk mengisi 200+ acara berbeda, mulai dari talkshow, lokakarya teater dan akting, hingga memasak dan musik.

Namun, bagi yang tak berkesempatan melipir ke Ubud, UWRF turut mengelar acara satelit di beberapa kota besar di Indonesia. Selain Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Pontianak, Medan adalah salah satu kota beruntung yang ditunjuk sebagai host.

Tertanggal 1-2 November lalu, Clapham Collective mendapatkan kehormatan untuk menghelat acara satelit UWRF di Kota Medan untuk pertama kalinya, bersama dengan bintang tamu Neu! Reekie!, grup avant-garde performance asal Skotlandia, dan Suki Kim, jurnalis Korea-Amerika yang berhasil menyingkap sebagian realita kehidupan di Korea Utara lewat samaran sebagai guru ESL (English as a Second Language).

Pada Senin sore (1/11), duo Kevin Williamson dan Michael Pedersen dari grup Neu! Reekie! mempersembahkan pertunjukan seni yang menggabungkan komponen puisi, film, dan musik.

neu-reekie-5

Mengingat Kevin dan Michael adalah pemenang Robert Louis Stevenson Award – penghargaan prestigius bagi penulis yang berdomisili di Skotlandia – para hadirin berkesempatan untuk menikmati pengalaman audio-visual nan istimewa sembari menyesap kopi seduhan partner resmi UWRF, The Coffeenatics.

Dalam acara berikut, grup yang sudah berjalan 6 tahun ini membagikan konsep Neu! Reekie! lewat potongan klip video dari tur Anywhere but the City – di mana mereka bertandang ke daerah-daerah terpencil Skotlandia untuk memberikan pertunjukan serupa – diselingi dengan pemutaran film animasi pendek, protest song tentang fenomena Brexit, serta pembacaan puisi secara langsung.

neu-reekie-3

Esoknya, giliran Suki Kim yang membagikan cerita hidupnya semasa berada di Korea Utara, di mana ia bekerja sebagai guru ESL bagi 270 mahasiswa pria di sebuah universitas elit di Pyongyang, yaitu Pyongyang University of Science and Technology (PUST) – tepat 6 bulan sebelum sang Eternal Leader, Kim Jong-Il, meninggal karena sakit pada tahun 2011.

Memakai kedok yang diberikan oleh organisasi misionaris yang mengirimnya, Suki mulai mengumpulkan data mengenai berbagai aspek kehidupan di Korea Utara, mulai dari bukti seberapa besar kuasa sang Supreme Leader, Kim Jong-Un, absennya kebebasan bagi masyarakat Korut, hingga kebencian yang ditanam sejak dini terhadap segala sesuatu yang berbau Amerika.

Meskipun gerak-geriknya begitu dikontrol oleh pemerintah Korut, Suki sukses pulang dengan membawa catatan sebanyak 400 halaman yang akhirnya dituangkan dalam buku bestseller berjudul Without You, There Is No Us: My Time With the Sons of North Korea’s Elite. Tahun 2015, Suki diundang untuk menceritakan pengalamannya di TED Talk kepada audiens yang mencakup sosok ternama seperti Al Gore dan Bill Gates.

   suki-kim

suki-kim-3

Alhasil, mampu mendengarkan hasil jurnalisme investigatif yang kian mencengangkan dari mulut sang pelaku, para audiens di Wilberforce Chamber di Clapham Collective pun tampak menyimak penuh pada sore itu. Ketika sesi tanya-jawab dibuka, tak henti-hentinya pertanyaan bergulir tentang kehidupan di salah satu negara yang masih begitu terisolasi dari dunia luar ini.

Menanggapi respon yang cukup baik dari acara satelit UWRF di Medan, diharapkan Medan akan diberikan kesempatan serupa lagi tahun bersama Clapham Collective – dengan speakers yang lebih beragam, dan pengalaman yang tak kalah berharganya. So here is a toast to UWRF 2017 with Clapham Collective!

TEXT Susan Suhargo

Categories: Uncategorized

Post Your Thoughts

Close

Book a Tour

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.