Sebuah Surat Akhir Tahun dari Mascot

Satu tahun berlalu dengan cepat. Tanpa terasa, tenaga dan pikiran kami dalam menjalankan misi ini telah ditanam dan disuburkan oleh waktu. Ah, waktu, sebuah komponen yang kritis dalam usaha apapun, tapi sering diremehkan oleh banyak orang, terutama generasi millenials. But well, time magically grows things, especially when consistency is the partner.
Awal tahun 2016, Clapham dimulai dengan 3 orang dan segenggam mimpi dan harapan. Harapan untuk mengubah kota ini, harapan untuk memperbaiki budaya komunitas, harapan untuk mengumpulkan orang-orang hebat dan bertalenta. Masih kami ingat ketika hari-hari pertama, ruang yang hampa. Sering kali kami berpikir, apakah memang kota Medan punya harapan? Tapi tanpa terasa waktu berlalu, dan tahun ini telah menjadi tahun yang penuh kejutan. Hati kami melompat kegirangan ketika orang demi orang datang mengunjungi kami dan memiliki visi yang serupa. Mereka mungkin punya keahlian dan pekerjaan yang berbeda, tapi mereka sevisi dalam asa mereka untuk melihat kota yang lebih baik.
Selama satu tahun ini, Clapham telah menjadi tuan rumah, atau berkolaborasi, atau mengadakan lebih dari 80 event. Kami bersyukur untuk kepercayaan yang diberikan oleh member, partner, user, dan teman kami. Kalian lah yang menjadi kekuatan bagi kami untuk terus mendobrak batas-batas kami. You are not ordinary citizens of the world. Kami percaya bahwa kehadiran kami dan kalian berpengaruh besar pada ekosistem kota yang kita cintai ini. Siapa yang sangka begitu banyak talent-talent di kota ini yang muncul di acara Behance? Atau siapa yang sangka bahwa tahun ini, Medan memiliki acara TedX nya tersendiri? Siapa yang tidak terharu melihat pekerjaan sosial orang-orang yang jarang diliput jurnalis, tapi berarti sekali untuk anak-anak yang sumbing, terkena kanker, dan tidak mampu bersekolah? Kami juga bangga dengan 5 startups yang berhasil menapakkan kakinya di panggung nasional di Bali beberapa waktu lalu.
Teman-teman, we are extraordinary member of society. Tentu saja ada implikasinya. Artinya kita harus bekerja lebih keras. Kita harus berkontribusi lebih banyak. Kerja kerja kerja. Berikan sumbangsih tenaga dan pikiran, meskipun mulut kita tidak berhenti mengomel. Meski ada banyak ketidakpuasan dan protes dalam hati kita. Tapi kita kerja, kerja, dan kerja. Untuk masa depan yang lebih baik.
Tahun depan akan menjadi defining moment untuk Clapham. Lahan sudah cukup siap. Benih sudah kami tuai. Semoga tahun depan menjadi tahun yang penuh dengan kolaborasi dan impact. Semoga juga kita bisa melihat sedikit buah hasil dari mimpi dan keringat kita di tahun depan juga (supaya bisa nyolot sedikit di akhir tahun).
Founder kami sering mengatakan, terlalu sulit untuk mengubah seluruh sisi gelap dari kota kami. Ini merupakan sebuah pekerjaan yang kolosal. Maka itu, visi kami jauh lebih sederhana daripada itu. Kami hanya berusaha mengumpulkan kawanan kecil dari orang-orang yang memiliki visi dan pola pikir yang positif seperti kami, mereka yang punya pikiran maju dan hati yang mau berbakti dan melayani, and the rest, let the magic works!
Terima kasih untuk semua partners and friends, selamat tahun baru 2017! Let’s hope for a better Medan, and Indonesia.
From the founder (now a mascot) and the rest of Clapham Team.